GOOGLE ANALYTIC

9 Agu 2022

PROGRAM BARU DI ANTV: KOPLO SUPERSTAR ANTV

"Sayang~
Opo kowe krungu~
Jerite atiku~
Mengharap engkau kembali~

Bernada ya hihihi.. hayo siapa yang bacanya sambil nyanyi? Ada yang tau lagunya siapa?
:D

Jreng..jreng... betul! Via Vallen! Salah satu ikon dangdut koplo yang mengangkat musik koplo dan di kenal luas oleh masyarakat Indonesia yang membuat pamor koplo semakin melejit. Selain itu ada Inul Daratista, Nella Kharisma, Lilin Herlina, dll. Kepopuleran dangdut koplo ini merupakan bukti bahwa aliran musik koplo bisa di terima oleh semua kalangan. Apalagi sekarang di aplikasi Tiktok musik yang trending pasti di remix koplo.

Yang aktif di tiktok seperti saya pasti sering dengar konten dengan lagu koplo. Kebanyakan musik hits di remix ke musik koplo. Hampir semua lagu kayaknya. Dari lagu pop, rock, sampai ke ost kartun. Pernah ada yang FYP di tiktok salah satu lagu kartun anime favorit nih ost. Shigatsu wa Kimi no Uso ( Your Lie in April ) di remix jadi music koplo dong. Jadi bingung mau sedih apa joget ini.. 😂

Lalu, belum lama ini trending beberapa member idol K-Pop dari NCT Dream Mark, Jaemin, Jisung muncul di FYP dengan konten dance dengan musik koplo yang judulnya "Mendung Tanpo Udan”. Hihihi.. Lagu koplo go internasional. Viewersnya terakhir saya liat 17,5M. Makin me-lokal dong mereka dance pakai musik koplo walau tetap sulit di gapai. :D The power of tiktok & sound dangdut koplo.

Bicara soal dangdut koplo, kali ini ANTV bekerjasama dengan RANS Entertaiment menggelar audisi koplo pertama dan terbesar di Tanah air loh, Koplo Superstar ANTV. Ini merupakan ajang pencarian bakat penyanyi baru di Industri musik koplo.

Akhir bulan Juli 2022, saya dan beberapa teman blogger berkesempatan mengunjungi studio tempat syuting on air audisi Koplo Superstar ANTV di BSC Studio, Cawang, Jakarta. Di sana kami menyaksikan para peserta yang sedang audisi Koplo Superstar. Kami pun sempat mewawancarai beberapa juri, hostnya, dan pesertanya.

Foto bersama Raffi Ahmad host "Koplo Superstar" 

“Semua orang pasti suka musik koplo kan, semua jenis lagu bisa di koplo-in. Menurut aku sih koplo sekarang lagi hype lagi, koplo itu di sukai oleh semua masyarakat Indonesia, harapannya mudah-mudahan kita bisa melahirkan bintang-bintang koplo yang muda yang baru goyangan viral lucu gampang di ikutin di Koplo Superstar” – ucap Raffi Ahmad yang merupakan salah satu host di Koplo Superstar.

Wawancara singkat bersama host Koplo Superstar Raffi Ahmad

Suasana di BSC Studio

MENJADI TENAR DI PROGRAM KOPLO SUPERSTAR ANTV

Para penyuka musik koplo merapat!! Bulan Agustus ini ANTV bakal ada penayangan program baru yaitu "Koplo Superstar". Melalui Program ini akan lahir penyanyi baru yang akan mewarnai musik koplo, serta mampu eksis, melahirkan banyak karya, mampu berkompetisi dan bersaing di industri musik Indonesia. 

Untuk audisi online pun sudah di mulai tanggal 23 Mei 2022 hingga 16 Juli 2022 melalui https://www.intipseleb.com/koplo-superstar. Sedangkan audisi offline kota pertama Surabaya di Kaza Mall ( 25 Mei 2022) yang di hadiri oleh Raffi Ahmad. Kota kedua di Yogyakarta di Sleman City Hall ( 2 Juni 2022) di hadiri oleh Denada. Kota Ketiga dan terakhir di Bandung di Miko Mall Kopo ( 16 Juli 2022) dihadiri olej Iyeth Bustami

Untuk persyaratan pendaftaran : berusia minimal 15 tahun, berpenampilan menarik atau unik, memiliki kemampuan vokal yang bagus dan goyang andalan. Lalu wajib memiliki akun sosial media Instagram atau Tiktok dan akun nya tidak di private, tidak sedang terikat dengan perusahaan rekaman atau manajemen artis, sudah vaksin minimal dua kali.

Ada persyaratan khusus untuk pendaftar online yaitu peserta di wajibkan membuat 2 video cover menyanyi dengan 2 judul berbeda dan bernada koplo, lalu unggah di Instagram Feed atau Tiktok atau keduanya dengan deskripsi : JUDUL LAGU #KOPLOSUPERSTAR(spasi)NAMA(spasi)ASAL KOTA.

Untuk host di program Koplo Superstar ada Raffi Ahmad, Rina Nose, Wika Salim & Marshel Widianto. Sedangkan untuk juri Koplo Superstar ada Pasha Ungu, Iyeth Bustami, Denada & Thomas Djorgi

Host Raffi Ahmad & Wika Salim

Juri Pasha Ungu, Denada, Iyeth Bustami & Thomas Djorgi


Selain mewawancarai Raffi ahmad, sempat juga kami juga bertemu Marshel Widianto. Ini kali pertamanya menjadi host di acara ajang pencarian penyanyi genre koplo, apalagi dia suka sama musik koplo. Orangnya humble dan lawak banget *yaiyalah..jebolan stand up comedy* hihihi

Teman- teman blogger bersama Marshel Widianto

Selain itu kami pun sempat bertemu dengan salah satu juri Koplo Superstar Thomas Djorgi. Menurutnya Koplo Supestar ini mencari superstar yang paket lengkap, jadi tidak hanya jago menyanyi, jogetnya pun harus keren dan berpenampilan seru. Kontestan harus pandai membawa diri, bisa bekerjasama dan siap menjadi artis. Dan harus punya ciri khas, kalau kita punya ciri khas sampai kapanpun akan terkenang orang. ciptakan gerakan sendiri, jangan di buat-buat. Untuk goyangannya harus seirama. Dari segi vokal juga harus punya karakter vokal dan itu penting banget. Tips jadi superstar harus pede aja, tapi jangan kepedean hehehe sewajarnya jangan lebay. Semakin wajar semakin sukses.

Thomas Djorgi salah satu juri di Koplo Superstar


Foto bersama Thomas Djorgi

Peserta Koplo Superstar ANTV

Kami juga bertemu dengan beberapa peserta yang unik. Ada Riana yang berasal dari Sleman dengan kostum satpam memiliki goyang khas undur- undur dan bersuara merdu. Dan Mak Don yang berasal dari Jogja memiliki ciri khas joget icikiwir dan bisa nyanyi dan nari dengan kostum bocah tua nakal.

Mak Don dan Riana Peserta Koplo Superstar

Program Koplo Superstar ini kan tayang perdana di bulan Agustus 2022 untuk audisi 100 besar. Akan terpilih 20 peserta yang akan bersaing menjadi Koplo Superstar. Pemenangnya nanti akan  mendapatkan uang tunai ratusan juta rupiah dan berkesempatan menjadi artis ANTV dan Rans Entertaiment. Untuk info selengkapnya mengenai audisi Koplo Superstar bisa di cek di Instagramnya ANTV https://www.instagram.com/antv_official/


Tentang Dangdut Koplo

Dahulu orang memandang negatif dangdut koplo sebagai musik yang menyajikan gaya penyanyi dengan tambahan goyangan yang erotis. Sekarang tidak lagi, citra itu perlahan berangsur- angsur berubah sejak 2010. Gaya penyanyi di atas panggung pun lambat-laun berimbas pada perilaku penonton yang mulai tertib. 

Sekarang aliran musik koplo ini mulai di terima oleh semua kalangan. Dangdut koplo sekarang ini berawal dari kesuksesan orkes dangdut koplo beserta penyanyinya di Jawa Timur yang kemudian menjalar ke berbagai kota di Pulau Jawa. Kelompok Orkes yang cukup terkenal Orkes Melayu Sera, Monata dan New Pallapa.

Dangdut koplo merupakan sub-genre musik dangdut yang besar di Jawa Timur. Pengamat musik Bens Leo mengatakan, perbedaan koplo dengan aliran dangdut lainnya terletak pada dominasi unsur perkusi di dalamnya. Dari Jawa Timur, musik ini kemudian menyebar ke wilayah-wilayah lain, terutama wilayah Pantai Utara Jawa.

Sejumlah lagu dangdut koplo yang tengah populer ternyata banyak di ciptakan oleh satu kelompok musik bernama NDX a.k.a Familia. Lagu seperti Kimcil Kepolen, Di tinggal Rabi, Bojoku Ketikung, lagu Sayang. Dan saya pun setuju dangdut koplo ini, aliran musik genre dangdut yang enak di dengar.

Saya juga membaca tulisannya Agus Mulyadi yang berjudul "Kenapa Dangdut Koplo bisa bertahan setidaknya sampai 100 tahun kedepan!" Menarik!

Karena dangdut koplo itu :

  • Eksploratif dan kolaboratif
  • Monoton tapi tak bikin bosan
  • Mampu masuk ke semua isu
  • Mampu beradaptasi dengan sangat baik
  • Penuh penghayatan

Dangdut yang satu ini merupakan dangdut dengan unsur perkusi yang kental. Koplo adalah genre yang tepo seliro. Ia mau menerima perbedaan. Rasanya hampir tak ada lagu yang tak bisa di koplokan.

“Dunia musik tumbuh dan berkembang dengan sangat dinamis. Dari waktu ke waktu, lahir musisi andal dari berbagai aliran. Seiring dengan makin majunya teknologi, alat-alat musik baru tercipta, genre musik pun makin beragam. Satu per satu genre music berguguran dan di gantikan dengan tren genre musik baru”. 

Sumber :

Pusat Data dan Analisa Tempo "Dangdut Koplo Genre Dangdut yang Juga Enak Didengar

Agus Mulyadi "Kenapa Dangdut Koplo Bisa Bertahan Setidaknya Sampai 100 Tahun ke Depan


18 komentar:

  1. Program baru ya ini? Smoga sukses ya hihi

    BalasHapus
  2. Dangdut koplo jadi makin hits yaa sekarang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaaa hits banget di puter di mana-mana 🤭

      Hapus
  3. Waah hostnya raffi ahmad, ga kaleng- kaleng

    BalasHapus
  4. Kalo nontom ini auto joget aja nih body...seru juga trnyata rasany pengen ikutan🤭🤭

    BalasHapus
  5. Kalau Host nya Sultan Andara mah acaranya pasti Hits nih

    BalasHapus
  6. Ada raffi Ahmad jadi kepo juga sama acara kayak gitu ya

    BalasHapus
  7. Keren sih nih programnya, mengangkat musik dangdut yg dulu cm dipandang sebelah mata

    BalasHapus
  8. Wih backingannya RANS Studio, pasti acaranya laris manis. Apalagi dangdut koplo banyak diminati masyarakat Indonesia.

    BalasHapus
  9. Naaah gini Doong. Adain acara khusus dangdut koplo, biar ga melulu lagu barat. Dijamin banyak yg nonton

    BalasHapus
  10. Ternyata jurinya Raffi Ahmad. Seru bgt ya bisa liat langsung. Liat foto2 audisinya, aku jadi ngga sabar mau nonton.

    BalasHapus
  11. Penasaran, deh. Kira kira Mak Don lolos ke tahap selanjutnya gak, yaa. Seru banget penampilannyaa gitu

    BalasHapus
  12. seru banget koplo udah masuk tv nasional soalnya kalo di daerahku udah familiar banget nih koplo

    BalasHapus
  13. Memang sedang booming sekali ya lagu koplo dikalangan masyarakat hampir semua usia suka akan genre musik yg satu ini

    BalasHapus
  14. Jadi penasaran nonton koplo di antv gegara tulisan ini

    BalasHapus
  15. Banyak nama besar di acara dangdut koplo ini ya. Pasti sukses nih acaranya

    BalasHapus